Kamis, 28 Maret 2013

Indonesia Youth Forum-Episode 4


Tepat tanggal 24 Maret 2013, pukul 21.23, informasi yang saya tunggu-tunggu datang. Salah satu peserta, yang juga dari Universitas Jember, saudara Pandu memberitahukan saya bahwa kami berdua lolos seleksi dan menjadi official delegates of Indonesia Youth Forum 2013. Alhamdulillah....puji syukur kepada Tuhan YME. Benar-benar tidak akan menyangka akan lolos dan menjadi peserta. Karena belum lihat secara langsung, saya putuskan untuk segera membuka laptop. Tancapkan modem, klik connect,dan bergegas mengayunkan jemari untuk menuliskan alamat web IYF http://www.indonesiayouthforum.com/home/. Dan benar guys, nama saya ada di sana. Tertulis dengan jelas: no 130, nama Amelia Nandya Widiasri, asal institusi Universitas Jember...



Finally, I got it... 


Happy, don’t ask me? That was exact feeling. But thanks giving was the most. There will not be my name on that notification if God did’t give me a chance to have an interview. Still remember my last experience?? Yes, there is sign that God always love His mankind...
 
Jadi, beberapa tips yang dapat saya berikan bila ingin mengikuti kegiatan Indonesia Youth Forum tahun selanjutnya, ataupun kegiatan lain seperti pertukaran pelajar, yang perlu Anda lakukan adalah :

1. Inisiatif (Proaktif)
Informasi tidak datang sendiri ke tangan kita guys... Istilahnya kita harus “menjemput bola”, bukan “menunggu bola”. Sudah tidak jaman sekarang menunggu pengumuman ataupun kabar. Jangan menyalahkan keadaan bila tidak dapat info. Di era globalisasi ini, semua jadi mudah. Sekarang dengan berbagai macam media (koran, majalah, buku, internet,dll) kita dapat memperoleh segala informasi. Ayo, gunakan keuntungan tersebut dengan baik.

2. Niat
Segala sesuatu harus didasarkan pada niat. Ini memang benar guys. Kalau dari awal kita sudah niat, InsyaAllah akan diberikan kemudahan dan kelancaran untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan. Tapi bila masih belum ada niat, saran saya sih mending jangan ikut. Percuma kalau Anda ikut-ikutan, buang – buang waktu guys. Mending waktunya digunakan untuk aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Benar tidak ??

3. Teliti
Poin ini harus diunderline, dibold, diitalic kalau perlu diberi warna. Hehehe
Ini yang harus kita miliki guys. Memang terlihat sepele, tapi ini akan merubah segalanya guys. Coba bayangkan, misal salah satu persyaratannya ada kriteria umur. Walaupun kita ngebet banget untuk ikut, tapi umur tidak mencukupi, jangan dipaksakan guys. Ujung-ujungnya Anda akan tersingkir dengan yang lainnya. Juga masalah pengumuman atau info terbaru terkait hal-hal yang akan diikuti. Dibaca dengan teliti dan seksama dulu ya guys, jangan ada yang terlewat. Apalagi hal penting seperti deadline dan hal-hal yang diperlukan (syarat dan prasyaratnya). Ok guys??

4. Percaya diri
Percaya diri penting lo guys. Bukan “sok” lo ya, kalau “sok” itu namanya overconfident, itu tidak baik guys. Yang saya maksud di sini percaya diri dalam taraf normal, tidak kurang dan tidak lebih. Yakinkan diri Anda bahwa Anda mampu, Anda bisa, dan Anda layak. Itu menjadi landasan daya “jual” Anda. Ingat...setiap harinya kita dituntut untuk men”jual” diri kita lo... # ingat kata dosen nih...hehe

5. Lingkungan yang mendukung
Ayah, ibu, mbak, mas, teman, saudara dekat, saudara jauh, dan yang lainnya.. merekalah yang menjadi team cheerleader Anda. Bukan dalam artian penggembira, melainkan PENYEMANGAT.. ingat guys, kita manusia adalah makhluk sosial. Tidak bisa kita hidup sendiri di dunia ini (individualis). Dengan berkumpul bersama-sama denganorang yang selalu memancarkan semangat (sisi positif) ke kita, maka secara tidak langsung kita akan membawa diri kita menjadi manusia yang lebih “bernilai”. Ingat kata Mark Twain guys, “Menjauhlah dari orang-orang yang mencoba mematahkan ambisimu. Orang-orang yang berpikiran kerdil memang selalu begitu. Tetapi mereka yang benar-benar berjiwa besar akan membuatmu juga merasa hebat”. Saat ini, sudah kah Anda menjadi orang yang berjiwa besar dan berada di lingkungan orang yang berjiwa besar??

6. Berdoa
Setelah berusaha semaksimal mungkin, saatnya bertawakal kepada Tuhan YME. Kita berusaha, namun segala keputusan tetap berada di tangan Sang Maha Pencipta dan Maha Kuasa. Dengan ketulusan hati, panjatkan doa Anda kepada Sang Illahi. Mohon hasil yang terbaik untuk Anda dan orang-orang yang berada di sekitar Anda. Ingat guys, “Boleh jadi kamu ingin akan sesuatu, padahal itu buruk bagimu. Boleh jadi kamu benci sesuatu padahal ia amat baik bagimu”.

7. Pantang menyerah
Hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan...jangan sedih dan patah semangat guys...pintu kesuksesan itu bukan hanya satu, tapi banyak, amat sangat banyak.

Salam semangat guys! Quotes IYF 2013 : Stand Up, Speak Up, and Take Actions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar