Rabu, 29 Februari 2012

6 Desember 2011

Setelah menempuh perjalanan selama 8 jam, akhirnya untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di negeri orang, Negeri Sakura, Jepang. Saya  sampai di Bandara Osaka Kansai pukul 8.30 am (waktu Jepang).  Walaupun  belum sepenuhnya musim dingin, saya disambut oleh dinginnya  udara luar, sekitar 50 C. Bersama teman-teman dan panitia JENESYS dari Jepang, saya menuju Nara menggunakan bis mini. Sebelumnya, kami dibagi menjadi 2 kelompok, dan saya masuk dalam kelompok INA 1. Dipandu oleh Ito-san, kami berkeliling Nara. Kami pergi ke Kasuga Grand Shrine, Todaiji Temple, dan Kofukuji Temple.
1. Kasuga Grand Shrine
            Kasuga-taisha/Kasuga Grand Shrine was founded in 768 when Nara was nominated as the ancient capital city of Japan. It is the shrine of the Fujiwara family. The interior is famous for its many bronze lanterns, as well as the many stone lanterns that lead up to the shrine. Kasuga shrine, and the Kasugayama Primeval Forest near it, are registered as a UNESCO World Heritage Site as part of the Historic Monuments of Ancient Nara.
            Sebelum masuk, kita diharapkan mencuci tangan. Ada tempatnya sendiri kok. Airnya bening dan dingin. Tapi saya kurang tau, dinginnya itu menandakan bahwa airnya emang fresh atau karena pengaruh musim dingin.hehehe. Setelah masuk, kita bisa melihat beberapa peninggalan orang jaman dulu. Ada setumpukan drum yang tersusun rapi. Drum itu berisi bir, dan di depan tempat tersebut terdapat papan kayu bertuliskan nama-nama para pembuatnya. Selain itu, di sana kita bisa melihat hamparan pohon maple, pohon ginko, serta rusa liar yang dibiarkan bebas di sekitar area tersebut. Tapi, jangan dipegang ya rusanya,karena ditakutkan rusa tersebut sakit atau terdapat bakteri yang menempel pada rusa tersebut dan nantinya dapat berbahaya bagi tubuh kita.
            Oya, di Kasuga Grand Shrine juga terdapat hal-hal unik. Ada suatu rak kayu yang berisikan banyak kertas berbentuk hati, bertuliskan nama pasangan para pengunjung yang pernah kesana sejak dulu. Semacam tanda dan doa semoga hubungan mereka awet. Dan untuk para shopping mania, jangan khawatir, ada juga stand yang menjual beraneka pernak-pernik Omamori, harganya mulai 200-700 yen. Beraneka warna dan tulisan, tapi ya bentuknya sama, kotak.hehe. Omamori itu semacam jimat tapi bukan jimat gaib, di dalamnya berisi tulisan doa. Macamnya ada banyak, ada yang untuk kesuksesan, kesehatan, hingga untuk kelanggengan pasangan.
            Dan satu lagi, ada Sento-kun, ini merupakan maskot yang dibuat oleh pemerintah daerah Nara untuk memperingati 1300 tahun hari jadi Nara Heijoo-kyoo (ancient capital).
2. Todaiji Temple
            Todai-ji is a Buddist temple complex.Its Great Buddha Hall (Daibutsuden), the largest wooden building in the world, houses the world’s largest bronze statue of the Buddha Vairocana,known in Japanese simply as Daibutsu. The temple also serves as the Japanese headquarters of the Kagen school of Buddhism. The temple is a listed UNESCO World Heritage Site.
            Todaiji Temple, tempat yang sangat luas yang terjaga kebersihannya.Menyuguhkan pemandangan yang super duper indah, mulai dari berbagai macam patung, dan panorama alamnya. Untuk mengitari kesluruhan tempat ini, dibutuhkan lebih dari setengah jam. Tapi, semua terbayar dengan kenikmatan yang kita rasakan. Di dalam Todaiji Temple terdapat beberapa stand yang menjual pernak-pernik. Mulai dari gantungan kunci, omamori, kartu pos, dan kaos. Tapi harganya mahal. Tenang, ada banyak tempat yang menyuguhkan tempat belanja murah di Jepang. Jadi jangan khawatir ya...
3. Kofukuji Temple
            Kofuku-ji is the national headquarters of the Hossoo school and is one of the eight Historic monuments of Ancient Nara inscribed on the UNESCO World Heritage List.**(1)Kasuga-taisha,(2)Todai-ji,(3)Kofuku-ji,(4)Gangou-ji,(5)Yakushi-ji,(6)Toshodai-ji,(7)Heijo-kyo,(8)Kasugayama Primeval Forest**.
            Sama seperti tempat-tempat yang lainnya, Kofuku-ji temple sangat luas, bersih dan indah. Dijamin puas kalau kesana.hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar