Jumat, 10 Mei 2013

Mengabdi untuk sesama ...

         Menjadi salah satu panitia dalam acara bakti sosial daerah (Baksosda) kali ini sangat berharga bagi saya. Mengapa tidak? Perjalanan menuju desa Mrawan, Kabupaten Jember cukuplah jauh. Melewati jalan terjal berbatu dan sempit diapit oleh sawah. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat kami, para panitia, untuk mengabdi kepada masyarakat.

         Kegiatan Baksosda ini dilaksanakan pada 13 April 2013 yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam JMKI (Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia) daerah Jember. Mahasiswa dari FKM, FK, FKG, Farmasi, dan PSIK Universitas Jember bersatu padu untuk mewujudkan kesehatan masyarakat seutuhnya.
          
        Kami melaksanakan serangkaian kegiatan. Dimulai dari kegiatan penyuluhan terkait PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Lalu ada kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi para manula di desa Mrawan tersebut. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian obat-obatan yang dibutuhkan oleh para warga sekitar sesuai dengan penyakit yang sedang dideritanya.

         Dalam kegiatan promosi kesehatan (penyuluhan), sasaran kami adalah siswa SD kelas 1 hingga 6 yang terbagi menjadi 4 bagian. Saya mendapat tugas untuk memberikan penyuluhan kepada siswa kelas 1 dan 2. Sungguh...amat sangat menyenangkan...




        Tak pernah sekalipun saya membayangkan dapat berada di tengah-tengah mereka, para calon generasi muda Indonesia. Dengan tingkah nakal dan polosnya, kami berusaha untuk membawa suasana yang mereka sukai.
 
    Bernyanyi lagu "Aku Anak Sehat" dan "Bangun Tidur" secara bersama-sama membentuk rasa kebersamaan di antara kami. Luapan canda dan tawa hadir di antara kami serta adik-adik yang manis itu. Pemberian materi terkait cara mencuci tangan yang baik dan benar berjalan dengan baik dan dapat ditangkap oleh adik-adiknya dengan baik pula. Setelah mempraktikkan bagaimana cara mencuci tangan tersebut, kami panitia bertugas untuk memeriksa kondisi kuku adik-adik tersebut. Bila dalam kondisi yang kotor dan panjang, kami secara sigap segera memotong dan membersihkannya.








       Benar-benar menyenangkan kawan... Melihat canda tawa mereka sudah menjadi kenangan manis dalam benak saya pribadi. Membuat suasana agar tetap tenang juga menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Suara yang diperkeras membuat tenggorokan kami terasa kering dan sedikit sakit. Namun, hal tersebut tak sedikitpun menyurutkan kami untuk mengabdi kepada sesama.

       Ya...salah satu pengabdian kecil kami kepada sesama...kepada calon generasi muda Indonesia. Generasi muda dari desa Mrawan, Kabupaten Jember.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar